• UGM
  • IT Center
  • Languages
Universitas Gadjah Mada Simposium Nasional Teknologi Infrastruktur 2023
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang
    • Latar Belakang dan Tujuan
    • Tema dan Topik
    • Dewan Redaksi
  • Waktu & Tempat
    • Jadwal
    • Pelaksanaan Simposium
  • Makalah
    • Ketentuan Makalah
    • Pendaftaran SNTI 2025
  • Prosiding
  • Kontak
  • Home
  • SNTI 2024 Vol 2

Pengaruh Penggunaan Aspal PEN 60/70 dan PG 76 pada Drain-down Campuran Porous Asphalt

  • SNTI 2024 Vol 2, Transportasi, Tata Kota, dan Tata Guna Lahan
  • 1 July 2024, 14.00
  • By : snti.ft
  • Beranda
  • Tentang
    • Latar Belakang dan Tujuan
    • Tema dan Topik
    • Dewan Redaksi
  • Waktu & Tempat
    • Jadwal
    • Pelaksanaan Simposium
  • Makalah
    • Ketentuan Makalah
    • Pendaftaran SNTI 2025
  • Prosiding
  • Kontak
Menu
  • Beranda
  • Tentang
    • Latar Belakang dan Tujuan
    • Tema dan Topik
    • Dewan Redaksi
  • Waktu & Tempat
    • Jadwal
    • Pelaksanaan Simposium
  • Makalah
    • Ketentuan Makalah
    • Pendaftaran SNTI 2025
  • Prosiding
  • Kontak

Pengaruh Penggunaan Aspal PEN 60/70 dan PG 76 pada Drain-down Campuran Porous Asphalt

M.T. Amanda1, T. Rahman1*, L.B. Suparma1
1Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, INDONESIA
*Corresponding author: taqia.rahman@ugm.ac.id

INTISARI

Porous asphalt (PA) adalah jenis campuran aspal yang dirancang dengan gradasi terbuka, memiliki rongga udara besar. Kondisi ini memberikan keunggulan dalam penggunaannya sebagai lapis permukaan yaitu dapat mengalirkan air, mengurangi genangan air di permukaan jalan, meningkatkan daya cengkeram kendaraan, mengurangi suhu perkerasan dan mengurangi kebisingan. Saat konstruksi, perkerasan dengan campuran PA terkadang mengalami fenomena drain-down, yaitu kondisi perekat aspal mengalir ke bawah, menyebabkan kekurangan pengikat di bagian atas lapisan aspal dan kelebihan di bagian bawah. Penelitian ini membandingkan performa drain-down pada campuran PA yang menggunakan aspal PEN 60/70 dan PG 76 (modifikasi polimer SBS). Tiga variasi campuran digunakan dalam penelitian ini yaitu PA-12, PA 16, dan PA-20 (target porositas masing-masing 12%, 16%, dan 20%). Hasil penelitian ini menunjukkan nilai drain-down dari aspal PEN 60/70 dan PG 76 dengan KAO dari masingmasing porositas memenuhi persyaratan, yaitu < 0,3%. Pada campuran PA dengan aspalPG 76 menghasilkan nilai drain-down yang lebih kecil, artinya sedikit aspal yang mengalir ke bagian bawah perkerasan saat dilakukan penghamparan dan pemadatan. Nilai drain-down paling rendah dihasilkan campuran PA 12 menggunakan PG 76 yaitu 0,009%. Sedangkan nilai drain-down paling tinggi dihasilkan campuran PA 16 menggunakan PEN 60/70 yaitu 0,297%. Penggunaan PG 6 dapat mengurangi potensi drain-down campuran PA.

SNTI_vol2_Mirani-Trie-Amanda

REFERENSI

AAPA, O.G., 1997. Open Graded Asphalt.
AASHTO T305, n.d. in Uncompacted Asphalt Mixtures Aashto T 305. Drain-down Characteristcs Uncompacted
Asph. Mix. 1–3.

Anupama, J., Balreddy, M.S., Panditharadhya, B.J., 2023. Sustainable Open-Graded Friction Course asphalt mixes
with steel slag aggregates. Mater. Today Proc. 2–8. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2023.05.531
ASTM D946/D946M-09a, 1999. Standard Specification for Penetration-Graded Asphalt Cement for Use in
Pavement. Am. Soc. Test. Mater. 04, 1–2. https://doi.org/10.1520/D0946
Fwa, T.F., Lim, E., Tan, K.H., 2015. Comparison of permeability and clogging characteristics of porous asphalt and
pervious concrete pavement materials. Transp. Res. Rec. 2511, 72–80. https://doi.org/10.3141/2511-09
Huang, W., Yu, H., Lin, Y., Zheng, Y., Ding, Q., Tong, B., Wang, T., 2022. Energy analysis for evaluating durability
of porous asphalt mixture. Constr. Build. Mater. 326, 126819. https://doi.org/10.1016/j.conbuildmat.2022.126819
Huang, Y.H., 2004. Pavement Analysi s and Desig n. Education 775.
Rahman, T., Zudhy Irawan, M., Noor Tajudin, A., Rizka Fahmi Amrozi, M., Widyatmoko, I., 2023. Knowledge
mapping of cool pavement technologies for urban heat island Mitigation: A Systematic bibliometric analysis. Energy
Build. 291, 113133. https://doi.org/10.1016/j.enbuild.2023.113133

Tags: Aspal polimer Drain-down Porositas Porous Asphalt (PA)

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related Posts

Identifikasi Faktor Pengaruh Teknologi Digital dalam Keselamatan dan Kesehatan Konstruksi: Validasi Awal melalui Pendekatan Expert

Manajemen dan Teknik KonstruksiSNTI 2025 Vol 3 Tuesday, 20 May 2025

.

Identifikasi Faktor Pengaruh Teknologi Digital dalam Keselamatan dan Kesehatan Konstruksi: Validasi Awal melalui Pendekatan Expert

Manajemen dan Teknik KonstruksiSNTI 2025 Vol 3 Tuesday, 20 May 2025

Z. Mufidah1, T.N. Handayani1*, A. Saputra2 1Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, INDONESIA *Corresponding author: tantri.n.h@ugm.ac.id INTISARI Pemanfaatan teknologi digital dalam upaya mitigasi risiko semakin mendapat perhatian sebagai solusi untuk meningkatkan kinerja […].

FAKTOR PENGARUH DEFLEKSI TIANG TUNGGAL TERHADAP TIANG KELOMPOK PADA ABUTMENT JEMBATAN

Rekayasa GeoteknikSNTI 2025 Vol 3 Tuesday, 20 May 2025

M. A. Hurum1, A. Rifa’i*1, S. Ismanti1 1Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, INDONESIA *Corresponding author: ahmad.rifai@ugm.ac.id INTISARI Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang konektivitas antar daerahnya masih […].

Studi Pendahuluan pada Identifikasi Risiko dan Perlakuan Risiko Tahapan Rantai Pasok Pekerjaan Beton Pracetak terhadap Kinerja Proyek

Manajemen dan Teknik KonstruksiSNTI 2025 Vol 3 Wednesday, 14 May 2025

T.K.E. Mahdi1, T.N. Handayani1*, D. Parikesit11Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, INDONESIA*Corresponding author: tantri.n.h@ugm.ac.id INTISARI Off-site construction (OSC) dianggap menjadi solusi efektif untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, maupun kualitas produksi di lingkup proyek […].

Link



Recent Posts

  • Identifikasi Faktor Pengaruh Teknologi Digital dalam Keselamatan dan Kesehatan Konstruksi: Validasi Awal melalui Pendekatan Expert
  • Identifikasi Faktor Pengaruh Teknologi Digital dalam Keselamatan dan Kesehatan Konstruksi: Validasi Awal melalui Pendekatan Expert
  • FAKTOR PENGARUH DEFLEKSI TIANG TUNGGAL TERHADAP TIANG KELOMPOK PADA ABUTMENT JEMBATAN
  • Studi Pendahuluan pada Identifikasi Risiko dan Perlakuan Risiko Tahapan Rantai Pasok Pekerjaan Beton Pracetak terhadap Kinerja Proyek
  • Inventarisasi dan Pemeringkatan Kerusakan Sistem (Studi Kasus: Gedung Smart and Green Learning Center,Fakultas Teknik, UGM, Yogyakarta)

Archives

  • May 2025
  • April 2025
  • February 2025
  • January 2025
  • December 2024
  • October 2024
  • September 2024
  • August 2024
  • July 2024
  • June 2024
  • May 2024
  • April 2024
  • March 2024
  • February 2024
  • January 2024
  • December 2023
  • November 2023

Categories

  • Manajemen dan Teknik Konstruksi
  • Manajemen dan Teknik Konstruksi
  • Manajemen dan Teknik Konstruksi
  • Mitigasi dan Manajemen Bencana
  • Pengelolaan Lingkungan dan Ekonomi Sirkuler
  • Pengelolaan Lingkungan dan Ekonomi Sirkuler
  • Rekayasa Geoteknik
  • Rekayasa Geoteknik
  • Rekayasa Geoteknik
  • SNTI 2024 Vol 1
  • SNTI 2024 Vol 2
  • SNTI 2025 Vol 3
  • Sumber Daya Air Berkelanjutan
  • Sumber Daya Air Berkelanjutan
  • Sumber Daya Air Berkelanjutan
  • Teknik Struktur dan Material Konstruksi
  • Teknik Struktur dan Material Konstruksi
  • Transportasi, Tata Kota, dan Tata Guna Lahan
  • Transportasi, Tata Kota, dan Tata Guna Lahan
  • Transportasi, Tata Kota, dan Tata Guna Lahan

Meta

  • Log in
  • Entries feed
  • Comments feed
  • WordPress.org
Universitas Gadjah Mada

LOKASI:
Fakultas Teknik UGM
Jl. Grafika No.2 Kampus UGM Yogyakarta 55284

PHONE/WA:
+62 877-3970-7136 (Agil Satriya)

EMAIL:
snti.ft@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada