Rendy Juliyanto1, Siti Malkhamah1*, Dewanti1
1Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, INDONESIA
*Corresponding author: malkhamah@ugm.ac.id
Penilaian risiko kecelakaan di perlintasan sebidang seharusnya tidak hanya dilihat dari catatan jumlah kecelakaan yang pernah terjadi, melainkan lebih komprehensif mempertimbangkan faktor karakteristik perlintasan secara spesifik. Penelitian ini dimaksudkan untuk melakukan penilaian risiko kecelakaan berdasarkan karakterisktik perlintasan sebidang meliputi faktor infrastruktur, paparan dan konsekuensi menggunakan The Australian Level Crossing Assessment Model (ALCAM). Kemudian dilakukan analisis deskriptif lanjutan terhadap karakteristik tertentu yang memiliki pengaruh paling besar terhadap profil risiko kecelakaan perlintasan sebidang secara keseluruhan (flag), guna merumuskan rekomendasi prioritas penanganan risiko kecelakaan di perlintasan sebidang. Hasil analisis penilaian risiko kecelakaan berdasarkan model ALCAM pada perlintasan
sebidang yang menjadi obyek penelitian menunjukkan nilai risiko sebesar 0,06165 (ekuivalen dengan tingkat fatalitas per tahun). Kemudian, nilai faktor kemungkinan adalah sebesar 0,22227 (ekuivalen dengan tingkat tabrakan per tahun). Sementara itu, hasil analisis faktor sensitif (flag) meliputi waktu peringatan pendekatan terpanjang, visibilitas pendekatan terhadap kereta api (kendaraan mendekati perlintasan sebidang), dan kemungkinan silau matahari dari sisi kereta api.
REFERENSI
Direktorat Jenderal Perkeretaapian (2023). Keputusan Direktur Jenderal Perkeretaapian Nomor : KP–DJKA 67
Tahun 2023 tentang Grafik Perjalanan Kereta Api pada Jaringan Jalur Kereta Api Nasional di Jawa Tahun 2023.
Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
Kohda, T., & Fujihara, H. (2008). Risk analysis of level crossing accidents based on systems control for safety.
Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part O: Journal of Risk and Reliability, 222(3).
https://doi.org/10.1243/1748006XJRR127
National ALCAM Committee (2016). ALCAM in Detail – An Introduction to The New ALCAM Models (2014).
Sekasi, J., & Solihu, H. (2021). Safety and risk analysis at railway crossings of north-south Addis Ababa light rail.
Smart and Resilient Transportation (3). https://doi.org/10.1108/srt-08-2021-0007
Victorian Auditor-General’s Report (2010). Management of Safety Risks at Level Crossings.
Opus, WSP (2019). Traffic Impact A