Optimasi Kebutuhan Alat Berat Pada Pekerjaan Galian Proyek Jalan Tol Menggunakan Model Simulasi EZStrobe untuk Biaya dan Emisi Karbon

F.W. Saputro1, T.N. Handayani1*, A. Aminullah1
1Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, INDONESIA
*Corresponding author: tantri.n.h@ugm.ac.id

INTISARI

Infrastruktur jalan tol berperan penting dalam meningkatkan efisiensi mobilisasi manusia dan barang. Pembangunan infrastruktur ini harus mempertimbangkan aspek biaya dan dampak lingkungan. Dalam upaya tersebut, alat berat menjadi komponen yang sangat penting. Sehingga, penggunaan alat berat perlu dioptimalkan karena berpengaruh pada produktivitas, biaya, dan emisi karbon. Penelitian ini mengembangkan pendekatan pemodelan simulasi untuk mengoptimasi penggunaan alat berat dalam pekerjaan galin. Model berbasis EZStrobe digunakan untuk menganalisis hubungan produktivitas dengan biaya dan emisi karbon dengan pendekatan simulasi kejadian diskrit. Simulasi dilakukan berdasarkan data siklus kerja alat berat dan diverifikasi dengan membandingkan hasil simulasi EZStrobe dengan analisis manual. Hasil verifikasi menunjukkan nilai error mencapai titik stabil dan validasi model dengan persentase error sebesar 3.98%. Model ini berhasil mengidentifikasi konfigurasi alat berat yang memberikan keseimbangan optimal antara indeks produktivitas-biaya sebesar 64.00 dan produktivitas-emisi sebesar 250.63. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan simulasi EZStrobe efektif digunakan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan pada proyek konstruksi yang berkelanjutan. 

REFERENSI

Ahmad, F. salam. (2022). “Dampak pembangunan jalan tol trans jawa terhadap pertumbuhan ekonomi di jawa
tengah.” Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.29244/jekp.11.1.2022.1-18
Alsakka, F., Khalife, S., Darwish, M., Al-Hussein, M., & Mohamed, Y. (2020). “Deploying discrete-event simulation
and continuous improvement to increase production rate in a modular construction facility.” IEEE Press.

Amaran, S., Sahinidis, N. V., Sharda, B., & Bury, S. J. (2016). “Simulation optimization: a review of algorithms and
applications.” Annals of Operations Research, 240(1), 351–380. https://doi.org/10.1007/s10479-015-2019-x
Andani, I. G. A., Geurs, K., & Puello, L. L. P. (2019). “Effects of toll road construction on local road projects in
indonesia.” Journal of Transport and Land Use, 12(1), 179–199. https://doi.org/10.5198/jtlu.2019.1258
Hong, B., & Lü, L. (2022). “Assessment of emissions and energy consumption for construction machinery in
earthwork activities by incorporating real-world measurement and discrete-event simulation.” Sustainability
(Switzerland), 14(9). https://doi.org/10.3390/su14095326
Indrawan, I. E., Handayani, T. N., & Marleni, N. N. N. (2024). “Permodelan produktivitas alat berat dalam proses
pemindahan tanah menggunakan ezstrobe sebagai inisiasi optimalisasi biaya konstruksi dan emisi karbon.”
Simposium Nasional Teknologi Infrastruktur.
Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, D., & Energi -Sub Bidang Ketenagalistrikan, B. (2018). “Pedoman
penghitungan dan pelaporan inventarisasi gas rumah kaca.” Direktorat Jendral Ketenagalistrikan.
Jian, N., & Henderson, S. G. (2015). “An introduction to simulation optimization.” IEEE.
Muthaher, A. M. M., Nugroho, A. S. B., & Aminullah, A. (2021). “Penggunaan simulasi komputer untuk
optimalisasi kebutuhan alat berat pekerjaan pemindahan tanah.” Rekayasa Sipil, 15.
Peurifoy, R. L., Schexnayder, C. J., & Shapira, A. (2024). “Construction planning, equipment, and methods.” Mc
Graw Hill (Ed.), Construction Planning, Equipment, and Methods (10 ed., hlm. 179–223).
Shankar, A. U. (1991). “Discrete-event simulation.”
Zankoul, E., Khoury, H., & Awwad, R. (2015). “Evaluation of agent-based and discrete-event simulation for
modeling construction earthmoving operations.” 32nd International Symposium on Automation and Robotics in
Construction and Mining: Connected to the Future, Proceedings. https://doi.org/10.22260/isarc2015/0014