Faktor Penerimaan Masyarakat Terhadap Autonomous Rail Rapid Transit (ART) Di Kota Bandung Pada Koridor Metro Jabar Trans K1D Dengan Menggunakan UTAUT2

F.Gani, S. Priyanto*, Dewanti
1Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, INDONESIA
*Corresponding author: spriyanto2007@ugm.ac.id

INTISARI

Transportasi publik memiliki peran penting untuk melayani mobilitas kepentingan publik dimana dapat digunakan untuk penghematan energi, pengendalian lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan masyarakat terhadap implementasi Autonomous Rail Rapid Transit (ART) di Kota Bandung, khususnya pada Koridor Metro Jabar Trans K1D. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) yang dimodifikasi dengan penambahan variabel Perceived Risk dan Novelty Seeking. Data diperoleh melalui survei daring terhadap 400 responden, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling – Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat memiliki tingkat kesiapan yang tinggi untuk menerima ART, dengan nilai rata-rata Behavioral Intention sebesar 3,82. Selain itu, model ini mampu menjelaskan 83,5% variansi dalam niat perilaku penggunaan ART (R² = 0,835).Temuan utama menunjukkan bahwa Price Value, Performance Expectancy, Habit, dan Social Influence berpengaruh positif signifikan terhadap niat perilaku menggunakan ART. Sementara itu, Effort Expectancy dan Facilitating Conditions menunjukkan pengaruh negatif, dan variabel Perceived Risk, Hedonic Motivation, serta Novelty Seeking tidak memiliki pengaruh signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa masyarakat Bandung lebih mempertimbangkan aspek rasional dan fungsional dalam adopsi moda transportasi berbasis teknologi otonom. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi penerapan ART yang sesuai dengan preferensi masyarakat serta mendukung sistem transportasi publik yang berkelanjutan dan terintegrasi.

REFERENSI

Korkmaz, H., Fidanoglu, A., Ozcelik, S. dan Okumus, A., 2022. User acceptance of autonomous public transport
systems: Extended UTAUT2 model. Journal of Public Transportation, 24, 100013.

Hu, K.-C. dan Yang, L.-H., 2025. Exploring antecedents of passengers’ behavioral intentions toward autonomous
buses: A decomposed planning behavior approach. Journal of Public Transportation, 27, 100116

Cai, L., Yuen, K.F. dan Wang, X., 2023. Explore public acceptance of autonomous buses: An integrated model of
UTAUT, TTF and trust. Travel Behaviour and Society, 31, 120–130.

Chen, S.-F., Wang, S. dan Chen, C.-Y., 2012. A simulation study using EFA and CFA programs based on the impact
of missing data on test dimensionality. Expert Systems with Applications, 39 (4), 4026–4031.

Zhang, C., Liu, Y., Lu, W. dan Xiao, G., 2019. Evaluating passenger satisfaction index based on PLS-SEM model:
Evidence from Chinese public transport service. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 120,
149–164

Awdziej, M., Lipowski, M. dan Wolniak, R., 2024. Personal innovativeness as moderator of the acceptance of smart
transportation solutions. Scientific Papers of Silesian University of Technology, Organization and Management
Series, 209, 1–16

Gunarto, K.T., Taryono, O., Dwiputrianti, S. dan Choerunnisa, R.R., 2023. Penguatan implementasi program Buy
The Service Trans Metro Pasundan Koridor V dalam upaya mengurangi kemacetan. Media Komunikasi Teknik
Sipil, 27 (1), 188–192.

Prasetyanto, D., Rizki, M. dan Gardjito, W.R., 2021. Perilaku pelaku perjalanan terhadap kebijakan konversi moda
angkutan mini-bus menjadi bus kota di Kota Bandung. Media Komunikasi Teknik Sipil, 27 (1), 51–60.

Ha, S.-T., Ibrahim, W.H.W., Lo, M.-C. dan Mah, Y.-S., 2019. Factors affecting satisfaction and loyalty in public
transport using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). International Journal of
Innovative Technology and Exploring Engineering, 8 (12), 569–573.

Ismael, K. dan Duleba, S., 2021. Investigation of the relationship between the perceived public transport service
quality and satisfaction: A PLS-SEM technique. Sustainability, 13 (13018), 1–20.

Shiaw-Tong, H., Wan Ibrahim, W.H., May-Chiun, L., dan Yau-Seng, M., 2019. Factors affecting satisfaction and
loyalty in public transport using PLS-SEM. International Journal of Innovative Technology and Exploring
Engineering, 8 (12), 569–573.

Auckland Light Rail Group, 2021. Trackless Tram Overview: System architecture, design and applications. Memo
Auckland Light Rail, 13 September 2021.

Alshalalfah, B., Chowdhury, S., Sheikh, M.I. dan Ragab, A.M., 2021. Deployment of autonomous trains in rail
transportation: Current trends and existing challenges. Transport Policy, 109, 15–28.

Zhang, Y., Xie, B., Yu, B., dan Liu, Y., 2023. Revolutionizing commutes: Unraveling the factors shaping Chinese
consumers’ acceptance of shared autonomous vehicles (SAVs) with an integrated UTAUT2 model. Journal of
Cleaner Production, 408, 137158.

Awdziej, M., Lipowski, M. dan Wolniak, R., 2022. Personal innovativeness as moderator of the acceptance of smart
transportation solutions. Scientific Papers of Silesian University of Technology, Organization and Management
Series, 209, 1–16.

Pramudito, A., 2021. Analysis of acceptance and use of online transportation on Grab and Go-Jek application for the
public using the UTAUT2 model (Case Study: Bandung). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan
Akuntansi), 5 (3), 930–941.