Analisis Deskriptif pada Pengguna Sepeda Motor Listrik di Jakarta: Karakteristik, Motivasi, dan Preferensi

Ilma Aurarisa1, Muhammad Zudhy Irawan1*, Siti Malkhamah1
1Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, INDONESIA
*Corresponding author: zudhyirawan@ugm.ac.id

INTISARI

Sebagai respon atas perubahan iklim, banyak negara di dunia menargetkan transisi kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik untuk menekan emisi karbon dari sektor transportasi. Tidak ketinggalan, Indonesia juga telah menyusun langkah strategis untuk mempercepat pertumbuhan kendaraan listrik, salah satunya pada segmen sepeda motor. Sepeda motor listrik menjadi salah satu kendaraan listrik dengan tingkat adopsi yang cukup tinggi, mengingat fleksibilitas yang ditawarkan, khususnya untuk kawasan perkotaan seperti Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman dan preferensi dari pengguna sepeda motor listrik melalui analisis deskriptif dan tabulasi silang. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas responden merupakan pria dalam usia produktif kerja (22-40 tahun) dengan pendapatan menengah dan dalam struktur keluarga dengan 3-4 anggota. Sebagian besar responden menggunakan sepeda motor listrik beberapa kali dalam seminggu dengan jarak perjalanan 3-10 km. Dalam hal pengisian daya, overnight charging di rumah menjadi pilihan yang efektif dan efisien bagi responden karena fleksibilitas dan kenyamanannya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para pemangku kepentingan dalam menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang berkelanjutan.

REFERENSI

Arora, S. C., & Singh, V. K. (2024). Transition to green mobility: a twin investigation behind the purchase reasons
of electric vehicles in the Indian market. Bottom Line. https://doi.org/10.1108/BL-08-2023-0249
Bhat, F. A., Tiwari, G. Y., & Verma, A. (2024). Preferences for public electric vehicle charging infrastructure
locations: A discrete choice analysis. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2024.02.0 4
battery electric Transport Policy, 149, 177–197.
Chakraborty, P., Parker, R., Hoque, T., Cruz, J., Du, L., Wang, S., & Bhunia, S. (2022). Addressing the range anxiety of vehicles with
https://doi.org/10.1038/s41598-022-08942-2
charging en route. Scientific Reports, 12(1), 5588.
Cindy Mutia Annur. (2023). Riset Deloitte dan Foundry: Penggunaan Motor Listrik di Indonesia Naik 13 Kali Lipat
dalam Dua Tahun. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/15/riset-deloitte-dan
foundry-penggunaan-motor-listrik-di-indonesia-naik-13-kali-lipat-dalam-dua-tahun
Global, V. (2024). The Global Electric Vehicle Market Overview in 2024. Retrieved from
https://www.virta.global/global-electric-vehicle-market
Gubernur DKI Jakarta. Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 90 Tahun 2021 Tentang Rencana Pembangunan
Daerah yang Berketahanan Iklim. , (2021).
Hanifah, H., Sutedja, A., & Ahmaddien, I. (2020). PENGANTAR STATISTIKA . In CV WIDINA MEDIA UTAMA.
Bandung: CV WIDINA MEDIA UTAMA.
ITDP. (2023). Meningkatkan Keselamatan Jalan Melalui Adopsi dan Regulasi Kendaraan Listrik Roda Dua 1.
Kumar, R. R., & Alok, K. (2020). Adoption of electric vehicle: A literature review and prospects for sustainability.
Journal of Cleaner Production, 253, 119911. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.119911
Murugan, M., & Marisamynathan, S. (2024). Policy analysis for sustainable EV charging facility adoption using
SEM-ANN approach. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 182, 104036.
https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tra.2024.104036
Peng, R., Tang, J. H. C. G., Yang, X., Meng, M., Zhang, J., & Zhuge, C. (2024). Investigating the factors influencing
the electric vehicle market share: A comparative study of the European Union and United States. Applied
Energy, 355, 122327. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.apenergy.2023.122327
Setiawan, A. D., Zahari, T. N., Anderson, K., Moeis, A. O., & Hidayatno, A. (2023). Examining the effectiveness of
policies for developing battery swapping service industry. Energy Reports, 9, 4682–4700.
https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.egyr.2023.03.121
Sevilla, C. G. (1992). Research methods. Rex Bookstore, Inc.
Sobhani, E., Yassine, A., Ameli, A., & Riahinia, S. (2024). Overnight Charging Mechanism of Battery Electric Buses
for a Transit Network in Smart Cities. 2024 5th Technology Innovation Management and Engineering Science
International Conference (TIMES-ICON), 1–5. https://doi.org/10.1109/TIMES-iCON61890.2024.10630725
Sudaryono, Saefullah, A., & Rahardja, U. (2012). Statistik Deskriptif For IT. Penerbit Andi.
Vassileva, I., & Campillo, J. (2017). Adoption barriers for electric vehicles: Experiences from early adopters in
Sweden. Energy, 120, 632–641. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.energy.2016.11.119
Yeung, J. S., Wong, Y. D., & Secadiningrat, J. R. (2015). Lane-harmonised passenger car equivalents for
heterogeneous expressway traffic. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 78, 361–370.
https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tra.2015.06.001