 
															Prizuri Hartadi, Ashar Saputra*, Akhmad Aminullah
1Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, INDONESIA
*Corresponding author: saputra@ugm.ac.id
Rivet menjadi salah satu jenis sambungan yang banyak digunakan dalam berbagai industri seperti industri penerbangan, perkapalan, konstruksi baja, bahkan digunakan untuk kebutuhan furniture yang terbuat dari aluminium dan stainless steel. Manfaat rivet yang begitu luas membuat banyak peneliti mempelajari perilaku rivet, termasuk pengujian tahanan geser, fatigue, konfigurasi posisi dan jarak rivet, serta koefisien gesekan pada berbagai jenis rivet terhadap penampang pelat. Pengujian tahanan geser rivet menggunakan pelat datar sering digunakan dalam eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku sambungan rivet terhadap berbagai variasi penampang pelat seperti penampang datar (D), penampang siku (L), dan penampang U dengan beberapa konfigurasi jumlah dan posisi rivet yang disimulasikan secara numeris. Hal ini diperlukan untuk mengetahui perilaku rivet pada sambungan mekanisme kekangan selongsong (MKS) rivet pada RISBA (Rumah Instan Struktur Baja) sebagai alternatif sambungan ringkas pengganti baut pretension. Pemodelan numerik dilakukan dengan menggunakan software Abaqus pada variasi penampang datar, L, dan U dengan pembebanan statik pada setiap model untuk mensimulasikan uji tarik sambungan rivet. Hasil penelitian menunjukkan modifikasi bentuk penampang berpengaruh terhadap kekakuan dan deformasi pada simulasi geser rivet, namun tidak secara signifikan mempengaruhi kapasitas geser maksimum dari rivet.
REFERENSI
Ding, K., Yang, Y., Wang, Z., Zhang, T., & Guo, W. (2023). Relationship between local strain energy density and 
fatigue life of riveted Al-Li alloy plate. Theoretical and Applied Fracture Mechanics, 125. 
https://doi.org/10.1016/j.tafmec.2022.103672 
Fajar, A. S., Saputra, A., Satyarno, I., & Himawan, L. (2022). Investigation of Fast Connection (Clamped Pocket 
Mechanics) for Modular Instant Steel House with Finite Element Analysis: Back to Build Post-disaster. 767–785. 
Hou, W., Liu, Z., Shi, J., & Han, X. (2023). On the mechanical performance and damage evolution of rivet-bonded 
composite T-joint under three-point bending: A combined experimental and numerical study. Thin-Walled 
Structures, 186. https://doi.org/10.1016/j.tws.2023.110668
Karim, M. A., Jeong, T. E., Noh, W., Park, K. Y., Kam, D. H., Kim, C., Nam, D. G., Jung, H., & Park, Y. Do. (2020). 
Joint quality of self-piercing riveting (SPR) and mechanical behavior under the frictional effect of various rivet 
coatings. Journal of Manufacturing Processes, 58, 466–477. https://doi.org/10.1016/j.jmapro.2020.08.038 
Kong, D., Wang, D., Xie, C., Wang, S., Zhang, X., & Zhang, Z. (2023). Investigation and optimization of structural 
parameters for the forming quality and mechanical properties of CFRP/Al self-piercing riveting. International Journal 
of Advanced Manufacturing Technology, 127, 3297–3313. https://doi.org/10.1007/s00170-023-11627-3 
Korbel, A. (2022). Effect of aircraft rivet installation process and production variables on residual stress, clamping 
force and fatigue behaviour of thin sheet riveted lap joints. Thin-Walled Structures, 181. 
https://doi.org/10.1016/j.tws.2022.110041
Murphy, H. (2022). Electric Arc Welding and the British Shipbuilding Industry, 1914–1960. In Mariners Mirror 
(Vol. 108, pp. 471–478). Taylor and Francis Ltd. https://doi.org/10.1080/00253359.2022.2084916 
Narendra, P. V. R., Prasad, K., Krishna, E. H., Kumar, V., & Singh, K. D. (2019). Low-Cycle-Fatigue (LCF) behavior 
and plasticity modeling https://doi.org/10.1016/j.istr c.2019.06.014 
of E250A mild steel. Structures, 20, 594–606.